One thought on “Kenanga”

  1. Feminisme masih bertahan jadi tema andalan Oka Rusmini. Buku ini 11-12 menariknya sama Tarian Bumi. Konflik, intrik, rahasia semuanya apik. Seakan nunjukkin kalau perempuan sejatinya juga punya hak bersuara, pun menentukan apa yang dia mau.Tokohnya masih tetap banyak, tapi pergantiannya nggak terlalu tajam. Jadi masih gampang dikenali. Sama sekali nggak bikin bingung. Tokoh favorit? Ehehehe, sudah pasti Bhuana! Jero Kemuning juga sih, apalagi sama usahanya jaga kasih tak sampainya itu (*tisu man [...]

  2. rasanya uda lama banget aku baca buku ini. uhm, sekitar 4 taun yang lalu tapi efeknya masih terus ada dikepalaku. ceritanya emang bener-bener bikin terharu, tersakiti, sedih, bahagia semuanya! Kenanga adalah buku yang akan selalu aku rekomendasikan buat temen2 deketku buat semua orang. walau buku ini sekarang susah banget dicari ditoko buku but it's so touching, dan ga ada salahnya buat hunting buku ini sampe dapet!

  3. saya membaca buku ini sekitar tahun 2004 atau 2005, tepatnya lupa. tapi, nyelekitnya masih terasa sampai sekarangi roman tragis paling sempurna buat saya sampai saat ini. betapa cinta tidak melulu cuma tentang perasaan. ada banyak hal yang mesti dipertimbangkanhwa Buwana adalah sosok lelaki idaman yang mendekati sempurna, tapi justru jatuh hati pada kenanga yang tidak terlalu luar biasa dimata kebanyakan orang. akhirnya harus menerima perjodohan dengan adik kenanga yang dipandang jelita hampir o [...]

  4. membaca kenanga lagi-lagi membaca sikap teguh seorang wanita yang cerdas, memukau, tabah, dan kuat. kenanga yang berkisah tentang seorang wanita bali yang berhasil bergumul dengan banyak hal, pun bergumul dengan adt istiadt bali yang lebih banyak meminggirkan perempuan. Kenanga juga merupakan sebuah kisah yang memperjuangkan cinta tulus yang tidak hanya didasari oleh nafsu, tapi sebuah pengorbanan untuk cinta sejati.

  5. Ternyata kehidupan wanita2 Bali dari kasta yang rendah sangat keras, demikian juga berasal dari kasta tinggi tidak dapat menjamin kebahagiaan.Kebahagiaan adalah suatu hal yang sangat abstrak dan subjektif, suatu hal yang membahagiakan bagi seseorang belum tentu menjadi kebahagiaan untuk orang lain.Bila kebahagiaan diri begitu sulit didapat, bagaimana mengusahakan kebahagiaaan orang lain?

  6. Buku yang kaya akan sejarah dan kental dengan budaya Bali. Tapi dibalik semua itu buku ini menggambarkan kekuatan, ketegaran dan kesetiaan para wanita akan semua masalah yang dihadapinya.Konflik di buku ini berasal dari adat yang harus dijunjung tinggi namun tidak sejalan dengan perasaan yang dirasakan. Keegoisan yang diharuskan untuk melestarikan budaya atau rasa cinta dan kasih sayang yang akan menghilangkan budaya. Selain konfliknya yang tragis, di buku ini juga menjelaskan sisi takhayul yang [...]

  7. Saya suka banget sama karakter Kenanga. Saya gemes banget sama Karakter Bhuana. Saya terlanjur jatuh pada karakter Mahendra. Kenanga mengajari banyak hal, bahwa cinta tidak harus memiliki, bahwa cinta adalah melepaskan, bahwa cinta yang hakiki akan dibawa sampai mati. Dan dalam cerita ini, saya menjadi tahu tentang bagaimana adat istiadat di Bali, sebuah informasi yang menjadi sangat mahal bagi saya. Tetapi, sebuah pertanyaan melintas dalam kepala saya, bagaimana jika kasta brahmana menikah deng [...]

  8. suka banget sama penggunaan kata. sangat cantikski sebenarnya diakhir cerita agak menggantung (maksudnya dari sekian konflik yang tergambar dengan bahasa indah antara kenanga, Luh Intan, Bhuana); ditutup hanya dengan pikiran dilematis yang musti dipilih oleh luh Intan pada dua sosok laki-laki dalam bayangnya (bhuana dan (lupa nama) wwkkw)dahal; sebagai pembaca, tentu mengharap-harap apa yang akan terjadi diakhir ceritangenya! iya pengenyaa kelanjutan cinta (kalo bisa bersatu) antara Kenanga dan [...]

  9. Buku yang menarik, dengan ending yang tampak membahagiakan tapi tetiba jdi misteri. Menceritakan konflik cinta yang selalu ada dari dlu sampai skrg, cinta yang terhalang adat, konflik yang melibatkan banyak tokoh tapi berputar pada satu poros, namun diceritakan dgn sangat menarik dan tidak membosankan

  10. Buku ini menceritakan kisah cita di Bali dengan sangat apik. Banyak kisah tersebunyi yang membuat kita terenyuh dan gemas dengan Adat istiadat yang terkesan kaku dan ketinggalan jaman. Beberapa kisah yang disajikan menunjukkan kisah cinta yang tidak biasa, dan kita dapat merasakan "compliated relationship" yang dialami tokoh-tokohnya.

  11. Kali ini Oka Rusmini lebih banyak mengulik tentanv kasta brahmana dan kegalauannya. Hal yg kupelajari: manusia bukan dinilai berdasar kasta atau keadaan ekonomi melainkan dari isi kepala, isi hati, dan harga dirinya

  12. 😱4 untuk nilai-nilai dan kesenduan yang ditawarkan2 untuk ide yang melompat-lompat dan dijejalkam dengan paksa

  13. penceritaan baik dan budaya bali tergambar luar biasa jadi bali ga lagi sesederhana pantai.tapi endingnya bikin bingung.:)

  14. This book teach me a lot of new lessons. Belajar banyak adat istiadat orang Bali dan kasta dalam agama Hindu.

  15. Pemaparan tentang budaya bali cukup menarik. Namun, cerita cukup bertele-tele dan berulang, sehingga sedikit membosankan.

  16. I loves how Oka Rusmini telling about women and Balinese throughout her book. This is my favorite of all 3 books I have from Oka Rusmini (the others are Tempurung and Sagra). Again, the story is great, and so as the cover. Unfortunately, the final part is unsatisfying. I expecting something more on the last story of Kenanga and her interesting life.

  17. Oka Rusmini rocks. I'd say among female Indonesian writers after N.H. Dini, she's the only accomplished writer of dark stories. Not Stephen King type of "dark stories", but something cynical and stinging. I don't know whether any of Oka Rusmini's work has been translated into English or not, but I believe it should be. I've read all of her novels i.e. "Tarian Bumi", "Sagra" (more like a short stories collection) and now "Kenanga". She is still honest, straightforward and as sick! That rocks hard [...]

  18. this book was interesting since it reveal the life of highest caste in Hindu society, the Brahmana. there were lot of Bali and Hindu tradition that i might never know before. the main character is unmarried woman who accidentally has a daughter from her forbidden romance. the father of her children is end up by marrying her sister. but he never gave his heart to her sister anyway. his only love is only the main character here. the trouble started since she forced to face the reality that she nee [...]

  19. My only Oka Rusmini novel so far. Mesmerizing prose. Oka Rusmini divided the story not into (apparent) chapters, but into parts, each part ends in cliffhangers that makes you want to read more, and more, and more, until you realized you've already reached the end of the book. Personally, I don't like the ending, since it doesn't offer much solution of the conflict. Despite that, the plot develops very smoothly. And the poetic prose. I really love her choice of words and metaphors. Plus, we get t [...]

  20. buku ini dibeliin sama seorang kawan yang kasian ngeliat gw desperate karna gak juga nemuin ni buku:)Kenanga berhasil menjadikan gw atau bahkan beberapa perempuan diluar sana untuk menyadari 'keperempuanan' kami hidup itu sulit, apalagi buat seorang perempuan well, dalam Kenanga ini, seorang Oka Rusmini boleh dibilang mengamini namun sekaligus juga menggugat sulitnya menjadi seorang perempuan Bali dengan status Brahmana-nya interesting book, anyway :)

  21. Kakak ternyata juga bisa mengalah terhadap adiknya. Seperti Kenanga dalam novel ini yang mesti selalu mengalah kepada adik semata wayangnya. Membaca novel ini membuatku terharu. Pengorbanan Kenanga terlalu besar untuk ukuran seorang wanita dan darinya aku belajar bahwa tidak semua impian dapat terwujud menjadi kenyataan.

  22. Berawal dari keisengan menggeledah rak buku teman, dan membaca sambil menghabiskan suguhan eh nggak tahunya buku ini malah dihibahkan beneran.Kesimpulannya cinta itu ngak pernah sederhana. Kalo sederhana mungkin imbasnya juga ga sedahsyat itu yaBerharga lah buat diperjuangkan, disembunyikan, dipikirkan

  23. Honestly, my tears drop when read some of pages from this book. There a part who make you 'hurt' as a woman. I understand how strong and strict Bali's culture. Kenanga is one of lots of bali women who trying so hard to being independent for looking of true love. Even for this, you must sacrifice all your life in sadness.

  24. Kenanga, bercerita tentang lika liku hidup seorang wanita bernama Kenanga, berbalut dengan adat istiadat Bali yang kental. Sungguh mempesoba baik dari segi diksi mau pun cara bertutur serta ide cerita.

  25. tegas dan lugas.u bahasa yang khas dari setiap buku oka rusmini yang kubaca.ulik (terutama) masalah wanita dengan background budaya bali yang khasjadi belajar banyak kata2 dari buidaya bali dari buku iniyann!!

  26. buku ini direkomendasikan oleh mbak Ilal (Aisyah Hilal), dan kebetulan aku punya judul lain dari karya Oka Rusmini yaitu 'SAGRA', lalu kami bertukar buku saling pinjemdua novel dari Oka Rusmini ini kental dengan isu keberadaan 'perempuan' di Bali.Selanjutnyalakan dibaca.

  27. Baca nya udah lama banget sih novel keren, dengan lokal geniusnya saya dibawa lebih mengerti soal Bali, perempuan, yang sebelumnya hanya saya kunjungi lewat penelitian2 etnografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *